Sistem ABS Gak Cocok Untuk Daerah Hujan Dan Becek

Teknologi ABS yang disertakan Honda pada beberapa varian terbarunya menurut ane sebenarnya gak selamanya berguna, apalagi pada sikon daerah tertentu seperti daerah yang sering kena hujan dan becek.

Lho, masak ada orang yang mau beli new CBR ato PCX trus dipake offroad sih? Gak harus offroad. Di Indonesia yang daerah tropis ini banyak juga jalan aspal trus kena longsoran tanah liat.

Sistem ABS kan pake sensor kecepatan di kedua roda yang membaca lobang-lobang kecil pada piringan kecil di disk brake. Nah bila lobang-lobang ini tertutup lumpur becek maka bisa mengganggu kinerja sensor, bahkan bisa merusak sensor. Kalo sudah begini maka teknologi canggih itu jadi mubazir.

Kesimpulannya, kalo sering lewat jalan becek, belilah motor yang nonABS. Tapi kalo ngotot beli motor berABS, sering-seringlah cuci motor anda, setidaknya area cakram. Kalo malas nyuci motor, naiklah angkot…

14 responses to “Sistem ABS Gak Cocok Untuk Daerah Hujan Dan Becek

  1. lho tapi kan jalanan becek justru memungkinkan kunci rem block. Nah justru abs ini yang bikin kunci rem gak ngeblock jadi gak ndlozor…..

  2. Setuju bro…

    Cbs jg ngak cocok di jalan yang rusak / turunan yg banyak krikil bs bs ndelongsor.. Dah ku buktikan rem belakang depan ngesottt.. Dubraxxx

  3. sebenarnya bukan ga cocok antara ABS – becek nya jalan, namun lebih tepatnya , tak pantas motor premium buat ber wira-wiri ditempat seperti itu ๐Ÿ˜€

    justru ABS bekerja maksimal saat traksi ban licin seperti itu kok mas bro, coba aja lihat di youtube gimana ABS bekerja di jalanan basah dan licin

  4. klo becek gak bakal nutup lubang kisi2 pada piringin sensor…tapi lumpur iya..jadi gak bisa dikatakan spt itu…semua itu sudah diperhitungkan ama yang ngerancang sistem tersebut..coba liat lubang2 pada piringan cakram,apa pernah tertutup sempurna pada saat becek atau lumpur sekalipun…gak kan..?piringan tersebut berfungsi memberi sinyal “0” atau “1” sebagai informasi yang diberikan ke sistem kontrol…jadi selama masi ada lubang..dia(sensor) ttp bisa memberikan informasi ke sistem.begitu kira2..

  5. iya betul kata kang azizy, bukan masalah ABS vs jalan becek๐Ÿ˜€
    tapi kondisi jalan jelek ky gitu yang ngga cocok dengan motor premium, lagipula betul kata kang davied, semua sudah diperhitungkan.
    Ane bukan FBH justru motor ane mio soul & bajaj pulsar hehehe.. ane cuma biker biasa…
    ABS itu teknologi bagus yang di jalanan licin / becek sangat berguna mencegah ngesot2 ketika ngerem biasa atau ngerem sejadi-jadinya๐Ÿ˜€

  6. buat keadaan ekstrim, C-ABS kayaknya gak cocok, coz kontrol kombinasi tebaik tetap pada ridernya, contoh motoGp aja gak pake sebab kombinasi pengereman tetep paling bagus dilakukan sama rider, disitu salah satu skill yang paling penting dlm pengendalian

  7. Kredibilitas penulis wajib dipertanyakan..tulisan tanpa dasar yg jelas..

  8. yups disinyalir piringan media pembacaan sensor mirip2 system encoder, dimana sensor membaca media metal dengan jarak tertentu sebagai sinyal “1” sedangkan yg berlubang sebagai sinyal”0″ bilamana lubang tersebut tertutup tanah atau kotoran, sensor akan menganggapnya tetap sebagai sinyal “0” karena tanah bukan metal penghantar listrik ataupun tak terdeteksi proximity yg mendeteksi logam , kecuali ada yg iseng masukin paku ke piringan sensor ini jelas akan kacau:mrgreen:

    bukan jawaba FB* atau apapun just share mas bro ๐Ÿ˜€ keep posting tetap semangat dan berdiskusi ๐Ÿ™‚

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/03/31/sejak-lama-berdampingan-parkir-baru-kali-in-first-ride-ninja-250/#comment-7852

    • Sori buat masbro semua, mungkin ada yang salah paham. Maksud ane bilang gak cocok karena ngambil analogi di piringan rem depan, waktu ane turing pulkam sempat lewat jalanan yang kena longsoran tanah liat karena musim hujan. Saking beceknya jalan, lobang-lobang cakram semua ketutup tanah. Jika ini terjadi di pelat metal tsb, sensor akan mengirimkan signal bahwa RODA NGANCING, akhirnya ABS akan memerintahkan rem untuk tidak bekerja. Bayangin jika jalan menurun.
      Btw, makasih buat masukan dan kritiknya. Justru ane senang kalo ada yang kritik. Salam Karet Bundar……..

  9. santai mas bro, jangan merasa terpojok, kok memang judul & Tag artikel , menjadi kunci pemikiran opini pembaca, malah ga sedikit penulis yg antara judul dengan isi ga sinkron alias jebakan betmen, yg iseng2 ada yg bercanda dsb , biasa di kalangan penulis ๐Ÿ˜€

  10. beli cbr buat dipajang aja dirumah juga kagak eksis tho?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s