Trend Moge: 2011 Perang @ Genre Touring (Motor Irit)

Entah apa yang terjadi saat ini di benak pabrikan motor sedunia. Beberapa tahun terakhir terjadi perang motor sport antar pabrikan yang menyebabkan munculnya monster-monster baru maupun upgrade versi sebelumnya antara lain: CBR1000RR dan adiknya, CB1000R dan Hornet yang mewakili Honda, YZF R1, YZF R6, Fazer dari pihak Yamaha, Z1000, Z750, ZX1000 dari kubu Samurai Hijau, GSX1000R dan GSX6000R brojolan Suzuki, Aprilia RSV4, Ducati 1098/1198/848 Evo, KTM, BMW dan kawan-kawan. Pihak pabrikan pun berlomba menciptakan produk dengan teknologi paling mutakhir kalo perlu paling kencang, ato paling tidak bisa diterima dengan antusias oleh konsumen.

Honda Goldwing. Kayak Setan eh… Sedan.

Nah.. tahun ini adalah tahunnya motor turing. Sebenarnya sudah dari tahun lalu para motor nyaman ini mbrojol, tapi perangnya baru dimulai awal tahun ini, saat armada perang masing-masing pabrikan lengkap. Honda Goldwing, VFR yang jadi buyut New CBR250R, Ducati Multistrada, Aprilia Mana, Kawak Concours, BMW R1200GS dan K1600GT/GTL (bukan gatel lho..) dan banyak lagi (sori kalo salah nulis).. Bahkan CBR250R pun masuk kategori Sport Touring. Jadi kalo sampeyan coba bandingin CBR250R dengan N250R, seperti membandingkan Lionel Messi dengan Valentino Rossi. dimana ketemunya? lapangan golf?

BMW K1600GTL. Turing Mewah..

Menurut analisa ane perubahan ini disebabkan perubahan mindset konsumen akan kondisi global akhir-akhir ini. Akibat krisis keuangan global memaksa semua pihak melakukan penghematan dalam segala hal, termasuk BBM. Seperti kita ketahui, motor touring rata-rata bersilinder 2, dan konsekuensinya adalah sifatnya yang torquey, jadi tidak perlu bejek gas terlalu dalam motornya sudah melesat, ujung-ujungnya motor jadi irit. Motor touring juga enak dipakai karena ergonomisnya. Posisi duduk yang tegak ini membuat rider tahan berkendara lebih enjoy. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah jumlah silinder yang sedikit menyebabkan maintenance cost lebih kecil.

Polisi siapa yang gak betah dapat motor canggih begini

Kayaknya inilah sebab-musababnya mengapa motor kayak beginian lagi ngetrend akhir-akhir ini. Moga bermanpaat buat sobat semua..

4 responses to “Trend Moge: 2011 Perang @ Genre Touring (Motor Irit)

  1. yg lagi ngetrend yg cc nya kecil om…cc gede selain pajaknya ngk irit..bensinnya juga ngk irit:mrgreen:

  2. Touring tetap pakai pulsar ah…. irit, kenceng, bertenaga….

  3. manstabb 😯 tuh yg paling atas beneran kok suaranya mirip Civic V-tec, apalagi pas muter lagu dangdut, di dash board nya berdendang, Bass nya mangstab! mirip audio mobil pokoknya, * sayang waktu itu cuma lirak2 lirik, motor orang berhenti jejer an di lampu merah :mrgreen:

  4. @asmarantaka: beneran irit lho mas. kalo dibandingin sama bulldozer.. hehe becanda
    @ uikjoss: setuju bro..
    @azizyhoree: oya? soale dimanado belum ada. pak polisi cuman punya BMW yang rajin putar karaokean nyanyi lagu “motor yang didepan, minggir dulu..” hicks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s