Honda Crossrunner.. Motor turing yang elegan

Sekilas mirip tunggangan ane, Honda CS-1

Pertamakali liat nih motor, ane langsung jatuh cinta. Desainnya futuristik nan elegan, kalo diliat sekilas mirip Honda CS-1. Posisi duduknya yang tegak nggak bakalan bikin sang rider pegal saat dipake jalan jauh. Ya iyalah… Motor ini konsepnya kan blasteran naked bike sama adventure bike.

Mesin VFR800

Untuk menghemat biaya riset, mesin VFR800 V4 90 derajat berkapasitas 782 cc dilesakkan mentah-mentah oleh para insinyur Honda kedalam rangka Aluminium Twin-spar yang terkenal rigid itu. Pihak pabrikan Honda meng-klaim motor ini bisa menyemburkan tenaga sebesar 100 hp pada 10,000 rpm dan torsi sebesar 72.8 Nm pada putaran 9,500 rpm. Motor ini menggunakan sistem PGM-FI khas Honda, dengan transmisi manual 6 speed.

Sok Depan Teleskopik

Urusan kaki-kaki, motor ini dilengkapi sok depan teleskopik (lho kok?) 43mm, dipadu sok belakang Pro-link yang bisa disetel preload dan rebound-nya. Di bagian pengereman, motor ini ditempelin 2 discbrake 293 mm 6 piston di roda depan dan 256mm 2 piston di belakang. Makin canggih karena pake sistem Combined ABS kayak vario CBS Techno. Kalo ane punya banyak duit, pasti ane ajak jalan-jalan di Indonesia. Moga aja……

Nih spesifikasi lengkapnya:

Engine: Liquid-cooled, 90-degree V-Four
Displacement: 782cc
Bore x Stroke: 72 x 48mm
Compression Ratio: 11.6 : 1
Peak Horsepower: 100 horsepower at 10,000 rpm (claimed)
Peak Torque: 53.7 lb-ft at 9,500 rpm (claimed)
Fueling: PGM-FI electronic fuel injection
Transmission: six-speed
Final Drive: Chain
Frame: Aluminium twin-spar
Front Suspension: 43mm fork with stepless preload adjustment, 6.5 inches travel
Rear Suspension: Pro-Link with gas-charged HMAS damper, 7-step preload and stepless rebound damping adjustment, 5.7 inches axle travel
Front Wheel/Tire: 17 x 3.50, 120/70
Rear Wheel/Tire: 17 x 5.50, 180/55
Front Brake: 296mm dual floating hydraulic disc with 3-piston calipers, C-ABC and sintered metal pads
Rear Brake: 256mm hydraulic disc with 2-piston caliper, C-ABS and sintered metal pads
Wheelbase: 57.6 inches
Rake / Trail: 25° 45′ / 3.8 inches
Seat Height: 32.1 inches
Curb Weight: 530 pounds
Fuel Tank: 4.73 gallons

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s